Wisata Air Terjun Lombok

Walaupun pulau Lombok disebut sebagai pulau seribu pantai, tetapi disana juga terdapat gunung dan perbukitan yang tak kalah indahnya. Dimana ada gunung atau bukit, disitu pasti ada air terjun, dan memang air terjun di pulau Lombok juga sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung ke pulau Lombok. Berikut ini beberapa wisata air terjun yang bisa Anda jadikan destinasi liburan Anda.

Air Terjun Tiu Teja

Air terjun yang masih belum dikelola secara maksimal ini (masih dikelola penduduk sekitar), berlokasi di Lombok Utara tepatnya di desa Santong. Membutuhkan kurang lebih satu setengah jam dari kota Mataram untuk sampai ke lokasi. Untuk sampai ke depan air terjun, pengunjung harus menuruni jalan yang cukup curam terlebih dahulu. Sesampainya didepan air terjun, rasa lelah akan sirna dengan memandang keindahan air terjun Tiu Teja.

Air Terjun Kuda Sembrani

Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini, kurang lebih 10 m, masih terletak dalam satu kawasan hutan dengan air terjun Mangku Sakti. Uniknya, aliran airnya berkelok mengikuti kontur batu dan terdapat kolam dengan air yang berwarna hijau toska karena mengandung belerang. Untuk sampai kesana, pengunjung harus melewati jalanan yang berbatu kurang lebih 200 meter dari lokasi air terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Tiu Sekeper

Termasuk dalam salah satu dari 10 air terjun terjun di Indonesia dan yang tertinggi di pulau Lombok, air terjun Tiu Sekeper menawarkan pemandangan yang indah. Dengan tinggi lebih dari 100 m, membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai kesana. Lokasinya tidak jauh dari air terjun Tiu Teja.

Air Terjun Sendang Gile

Disebut sendang gile mungkin karena pada saat pulang dari air terjun ini, para pengunjung akan dibuat gila karena saking banyaknya anak tangga yang harus didaki. Berlokasi di Lombok Utara tepatnya di desa Senaru, air terjun ini seolah menjadi pelengkap dari gunung Rinjani, karena letak air terjun ini berada di kaki gunung Rinjani. Selain memiliki pemandangan yang indah, air terjun ini juga cukup tinggi karena bertingkat dan biasanya percikan air dari air terjun ini akan membentuk pelangi saat terkena sinar matahari.

Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun yang berlokasi di dalam hutan Taman Nasional Gunung Rinjani, kecamatan Sembalun tepatnya di desa Sajang ini agak sedikit berbeda dengan air terjun biasanya, dengan air yang memiliki kandungan belerang ini membuat warna airnya terlihat seperti hijau toska, membuatnya terlihat unik tanpa mengurangi keindahannya. Menurut kepercayaan penduduk setempat, nama air terjun ini berasal dari cerita zaman dulu yang melakukan meditasi di lokasi ini. Nama "Mangku" sendiri berarti orang yang dituakan atau yang dipercaya.

Air Terjun Tiu Kelep

Membutuhkan kurang lebih tigapuluh sampai empat puluh lima menit perjalanan dari Sendang Gile, Anda akan menemukan air terjun Tiu Kelep ini. Dalam bahasa sasak, tiu berarti air, dan kelep berarti terbang. Memiliki ketinggian kurang lebih 45 m, air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar. Selama perjalanan, rasa lelah Anda akan sirna karena akan dimanjakan dengan pemandangan hutan, menyeberangi sungai dengan air nya yang jernih, dan bebatuan.

Air Terjun Benang Stokel

Dari kota Mataram, Anda mmbutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk sampai ke pintu masuk air terjun ini. Berlokasi di kecamatan Batukliang Utara tepatnya di desa Aiq Beriq, Lombok Tengah, penduduk sekitar menyebut air terjun ini dengan air terjun kembar, karena memang ketika Anda sampai di lokasi air terjun, Anda akan menemukan dua air terjun disana. Air terjun yang masih termasuk dalam wilayah hutan Taman Nasional Gunung Rinjani ini juga memiliki gazebo-gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan disana.

Air Terjun Benang Kelambu

Dengan berjalan kaki kurang lebih dua puluh menit dari lokasi air terjun Benang Stokel, Anda akan menemukan air terjun lain, yaitu air terjun Benang Kelambu. Selama perjalanan, Anda akan melewati hutan yang masih alami, penjual-penjual yang menjajakan makanan dan minuman khas seperti kopi Lombok, hewan-hewan seperti monyet juga akan menemani perjalanan Anda. Sesampainya di lokasi air terjun Benang Kelambu, Anda akan melihat pemandangan air terjun ini seperti benang-benang putih yang dibentangkan diatas dedaunan yang hijau. Anda juga bisa berenang dibawah air terjun, karena terdapat kolam disana.