Wisata Bukit Lombok

Lombok memang bisa menjadi surga nya para traveller. Tak hanya pantai dan air terjunnya, bukit-bukitnya pun bisa menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati pemandangan alam di pulau Lombok, dan pastinya tidak kalah indah dengan pesona pantainya. Berikut ini beberapa wisata bukit di pulau Lombok yang bisa Anda coba daki ketika berkunjung kesana.

Bukit Selong Sembalun Lawang

Bukit yang kata orang-orang bisa didaki sampai ke puncak hanya dalam waktu lima menit ini berlokasi di kecamatan Sembalun tepatnya di desa Sembalun Lawang. Di dekat bukit ini berdiri juga bukit Anak Dara dan Pergasingan. Dari atas bukit Selong, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan milik penduduk lokal bak karpet raksasa yang berwarna-warni. Di dekat bukit ini juga terdapat kampung Beleq, kampung adat masyarakat Sembalun.

Bukit Anak Dara

Seolah tidak mau kalah dengan bukit Selong, bukit Anak Dara ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan bukit Selong. Untuk mencapai puncak bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1900 mdpl ini membuuhkan waktu sekitar empat sampai lima jam dengan jalur yang kurang cocok bagi pendaki pemula. Sesampainya di puncak Anak Dara, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam Sembalun, lahan persawahan penduduk, perbukitan, termasuk gunung Rinjani. Di puncak itu juga menjadi titik yang pas untuk menikmati sunrise dan sunset, dan ketika malam tiba, melihat gemerlap bintang juga tak kalah indahnya dari atas puncak Anak Dara.

Bukit Batu Hidung

Bukit yang membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih empat puluh lima menit dari kota Mataram ini berlokasi di Lombok Barat tepatnya di wilayah Gumise, Lembar. Tidak seperti bukit lain yang tinggi menjulang, bukit Batu Hidung hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas menit untuk mencapai puncaknya. Cocok bagi Anda yang masih pemula dalam hal pendakian. Sesampainya di puncak, Anda dapat menikmati pemandangan alam berupa perbukitan dan persawahan penduduk. Disana juga ada beberapa penjual yang siap menjajakan makanan dan minumannya untuk menemani Anda menikmati sunset di sore hari.

Bukit Pergasingan

Sesuai dengan namanya, bukit ini dulunya dipakai untuk lokasi bermain gangsing oleh penduduk Sembalun. Dengan ketinggian kurang lebih 1700 mdpl ini, berlokasi di desa Sembalun, Lombok Timur. Karena bukit ini cukup tinggi, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke puncak bukit. Jalur pendakian masih cukup menantang. Sesampainya di puncak, rasa lelah akan sirna dengan pemandangan indah desa Sembalun dengan persawahannya yang luas. Disana juga pas untuk mendirikan tenda guna menunggu datangnya sunrise atau sunset, suasana malam di tempat ini juga tak kalah indah.

Bukit Merese

Beda dengan bukit lain yang menyajikan pemandangan persawahan, bukit Mereseq menawarkan pemandangan lautan lepas yang tak kalah indahnya. Bukit ini berlokasi di ujung barat Tanjung Aan, dibawahnya terdapat pantai Mereseq yang memiliki garis pantai yang panjang. Keunikan lainnya dari lokasi ini adalah pemandangan hewan-hewan gembala seperti kambing atau kerbau yang sedang digembalakan oleh penduduk sekitar. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ditambah lagi pantai Mereseq juga masih cukup sepi dari pengunjung.

Bukit Hatory

Bukit ini berada di sekitar pantai Seger di wilayah Lombok Tengah. Mengapa ada yang mengatakan bukit Hatory, karena jika kita ingin menikmati keindahan sunset, pantai, deburan ombak dari atas bukit, kita melewati jembatan dan akan terasa seperti petualangan ninja hatory. Mungkin, nama bukit hatory ini tidak akan bisa Anda temukan di google maps, karena bukit itu dinamai oleh orang-orang yang telah berkunjung kesana.

Bukit Nanggi

Bukit yang mungkin lebih cocok disebut gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 2300 mdpl, tetapi karena lokasinya berdekatan dengan Gunung Rinjani yang lebih tinggi, penduduk sekitar menyebutnya sebagai bukit. Dengan ketinggian tersebut, dibutuhkan kurang lebih 6 jam untuk mencapai puncak bukit, jalurnya pun cukup menantang. Sesampainya di puncak bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah desa Sembalun dan desa lainnya yang ada di Lombok Timur, ada juga pemandangan laut yang semakin menambah keindahan ketika menikmati sunrise dan sunset.

Bukit Tunak

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai, hutan dan bukit dalam waktu yang bersamaan, mungkin tempat ini cocok untuk Anda. Bukit yang berlokasi di Lombok Tengah tepatnya di desa Mertak kecamatan Pujut ini masih termasuk dalam wilayah Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Dari atas bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alami pantai Tunak dan lautan lepas. Ditambah pula dengan suasana yang cukup sepi, cocok bagi Anda yang kurang suka dengan keramaian sambil menikmati sunset yang indah.