Wisata Kuliner Lombok

Berkunjung ke tempat-tempat baru belum lengkap jika tidak merasakan makanan khas penduduk lokal disana. Termasuk jika Anda berkunjung ke pulau Lombok ini. Makanan lokal yang khas dengan rasa pedas ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda ketika berada di Lombok. Berikut ini bisa Anda jadikan daftar kuliner yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke pulau seribu masjid ini.

Ayam Taliwang

Makanan khas ini sudah tidak asing bagi kita ketika mendengar namanya. Perpaduan bumbu-bumbu yang dilumurkan ke daging ayam utuh lalu dibakar atau digoreng membawa kenikmatan tersendiri khas pulau Lombok. Tidak sulit untuk mencari makanan ini, karena disana banyak restoran yang menjual ayam taliwang di sepanjang jalan-jalan di kota Mataram.

Beberuq Terong

Hampir sama dengan ayam taliwang, makanan khas ini juga tidak sulit untuk mencarinya, karena hampir di setiap restoran khas makanan Lombok juga menawarkan makanan ini. Terong yang diiris kecil lalu dicampur dengan sambal tomat, bumbunya hampir sama dengan bumbu pelecing. Ada dua macam beberuq terong, ada yang memakai terong bulat mentah dan ada pula yang memakai terong panjang yang dibakar. Jika menggunakan terong bakar, terong tersebut akan disuir-suir memanjang ketika sudah agak dingin.

Nasi Kotaraja

Nasi khas desa Kotaraja, Lombok Timur ini sekilas biasa saja. Namun ketika merasakannya, Anda akan menemukan kelezatan tersendiri. Nasi dengan lauk daging sapi yang dicampur dengan bumbu khas lalu dijemur dan digeprek lalu digoreng. Ditemani dengan sambal cabai rawit hijau yang dicampur dengan bumbu khas, akan memberikan pengalaman yang cukup berkesan bagi Anda yang berlibur di pulau Lombok. Cocok bagi Anda para pecinta kuliner.

Sate Bulayak

Makanan khas ini bisa Anda temukan di sepanjang jalan Udayana kota Mataram, pantai Senggigi dan hutan Suranadi yang ada di Lombok Barat. Satenya sendiri cukup unik, tidak memakai bumbu kacang seperti yang banyak kita ketahui, tetapi sate nya menggunakan bumbu khas yang dimasak dengan kemiri dan campuran santan kental. Sedangkan bulayak nya memiliki tekstur seperti ketupat tapi bentuknya bulat memanjang. Daun yang dipakai juga berbeda, bulayak menggunakan daun aren.

Ikan Bakar Pantai Nipah

Makanan ini cocok untuk menemani Anda ketika berada di pantai Nipah atau bukit Malimbu sambil menikmati pemandangan disana karena memang banyak penjual makanan ini yang menjajakan di lokasi pantai di pulau Lombok. Tidak hanya ikan  bakar saja, tetapi juga ditemani dengan nasi, pelecing dan beberuk. Kenikmatan yang sayang untuk dilewatkan.

Sate Rembige

Sesuai dengan namanya, makanan ini bisa Anda temukan di wilayah Rembige kota Mataram. Sate ini memiliki tiga macam varian, yaitu: sate pusut, sate daging dan sate hati sapi. Sate yang dihidangkan bersama lontong ini juga memiliki rasa khas yang cukup kuat dari bumbu-bumbunya.

Nasi Puyung

Sesuai dengan namanya, makanan khas ini bisa Anda temukan di desa Puyung, Lombok tengah, atau jika tidak sempat, bisa Anda cari di depan bandara internasional Lombok. Makanan yang terdiri dari nasi putih, biji kedelai goring, kentang goreng kremes, sambal daging dan sambal pedas khas suku sasak ini menawakan rasa khas yang cukup tinggi. Cocok bagi Anda pecinta masakan pedas.

Pelecing Kangkung

Makanan khas Lombok yang terbuat dari kangkung ini biasa dihidangkan bersama sambal tomat yang pedas. Kangkungnya sendiri juga khas Lombok karena memiliki tekstur yang agak besar. Sambalnya juga turut memberi kenikmatan jika pelecing ini dimakan bersama nasi putih. Makanan ini banyak dijual di rumah-rumah makan di pulau Lombok.

Nasi Sukaraja

Masakan yang masih mempertahankan cara memasak dengan menggunakan kayu bakar dan tungku tanah ini memiliki rasa dan aroma yang lebih khas. Bisa Anda temukan di desa Sukaraja, Ampenan kota Mataram. Yang membedakan makanan ini dengan yang lain adalah adanya campuran olah-olah. Olah-olah adalah sayuran yang dimasak dengan campuran bumbu khas dan santan kental.

Sate Tanjung

Makanan yang biasa dihidangkan bersama lontong, sayur urap atau pelecing kangkung ini berbahan utama sate ikan yang dicampur dengan bumbu khas pedas manis. Bisa Anda temukan di daerah Lombok Utara tepatnya di daerah Tanjung. Yang membuat berbeda adalah makanan ini dihidangkan diatas opak yang terbuat dari singkong.

Sayur Ares

Makanan berupa sayur khas yang dulunya hanya bisa ditemukan pada acara-acara adat ini, sekarang bisa Anda temukan di warung-warung makan di pulau Lombok. Berbahan utama pohon pisang kapok yang masih muda, dicampur dengan bumbu khas. Bisa menjadi salah satu daftar makanan yang disarankan ketika Anda berkunjung ke pulau Lombok.

Kelaq Lebui

Makanan ini bisa Anda temukan di warung-warung makan di pulau Lombok. Rasanya yang asam dan pedas dan terbuat dari biji kedelai hitam ini sangat cocok jika dihidangkan bersama nasi hangat.

Kelaq Kelor

Makanan yang bisa ditemui di wilayah Lombok Timur ini biasa dihidangkan bersama nasi dan sambal terasi khas Lombok. Berbeda dengan wilayah lain yang biasa menggunakan daun kelor untuk memandikan mayat, di Lombok, daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening ini menjadi makanan khas yang bisa Anda coba ketika berkunjung kesana. Bahkan ada warung makan yang menyajikan makanan ini sebagai menu utamanya.

Kelaq Sebie

Makanan khas Lombok yang terkenal sangat pedas ini menggunakan cabe rawit hijau sekitar satu kilogram sebagai bahan utamanya. Dicampur dengan bawang putih, bawang merah, terasi, garam, dan santan kental. Ditambah penyedap jika perlu. Dihidangkan bersama ikan tongkol, kacang panjang dan terong.

Kelaq Batih

Makanan khas Lombok yang satu ini terbuat dari biji buncis yang sudah tua dan dicampur dengan daun singkong muda. Yang paling menonjol dari masakan ini adalah bumbu rempahnya, yang terdiri dari: garam, terasi, merica, lengkuas, jahe, ketumbar, cengkeh, sedikit kencur, bawang merah, bawang putih, cabe merah dan bila perlu ditambah penyedap. Lebih nikmat jika disajikan bersama nasi yang masih hangat. Sayangnya  makanan ini sudah jarang ditemukan di rumah-rumah makan di pulau Lombok.

Aneka Jajanan

Jajanan tradisional khas Lombok ini bisa Anda temui di pasar-pasar tradisional di pulau Lombok. Bisa Anda jadikan sebagai cemilan sembari menemani perjalanan atau kunjungan Anda di pulau Lombok. Jajanannya seperti: Lupis, Serapat, Kelepon, Banget, Lempok, Kelepon, dll.